Apakah Penyandang Disabilitas Memerlukan Pelatih Ketika Mempresiapkan Diri Untuk Melamar Pekerjaan?

Seorang penyandang disabilitas sangat mungkin merasa tidak percaya diri untuk bersaing di dunia kerja. Oleh karena itu mereka seolah memiliki hambatan untuk mendapatkan pekerjaan https://www.kompasiana.com/molzania1507/5beffe766ddcae715836ed24/berkarya-untuk-bangsa-harapan-baru-penyandang-disabilitas.

Jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki, Anda mungkin membutuhkan seorang pelatih. Pelatih disini maksudnya adalah orang yang membantu individu penyandang cacat untuk menemukan dan mempertahankan pekerjaan menggunakan. Ini termasuk jabatan seperti spesialis pekerjaan, konsultan ketenagakerjaan, perwakilan pribadi, pengembang pekerjaan, pelatih lapangan kerja, dan pelatih kerja. Seorang pelatih kerja memakai banyak topi yang berbeda ketika mendukung seorang individu dalam mencari dan mempertahankan pekerjaan.

Identifikasi minat individu untuk memfasilitasi pekerjaan pilihan

Terlalu sering, pasar tenaga kerja “mendorong” pencarian kerja daripada kepentingan pencari kerja. Menawarkan pekerjaan dalam layanan makanan, karena pekerjaan ini sudah tersedia, bagi seseorang yang tidak ingin bekerja dalam layanan makanan adalah contoh dari pengembangan pekerjaan “penggerak” pasar kerja.

Poin utama yang perlu diingat adalah bahwa individu dengan disabilitas seringkali akan lebih nyaman dan terbuka jika pertemuan dan kegiatan terjadi di lokasi pilihan individu daripada di CRP. Ini benar bahkan jika orang tersebut memiliki sejarah panjang dilayani dalam program berbasis fasilitas organisasi. Keluar di komunitas akan memungkinkan pelatih pekerjaan untuk melihat sisi yang sama sekali berbeda bagi individu dan memberikan informasi yang berharga.

Identifikasi keterampilan dan bakat individu untuk memfasilitasi pekerjaan pilihan

Mengenal individu juga memberikan kesempatan kepada pelatih pekeraan untuk mengamati kemampuan pencari kerja dan membuat gambar visual dari kebutuhan dukungannya. Ini jauh lebih berharga daripada skor yang dibuat orang itu pada tes standar! Misalnya, pelatih kerja dapat belajar tentang kemampuan fisik, keterampilan sosial, penggunaan uang, menjaga waktu, keterampilan akademik fungsional orang tersebut di antara banyak hal lainnya.

Negosiasikan pekerjaan yang disesuaikan untuk individu penyandang cacat

Beberapa individu yang membutuhkan layanan ketenagakerjaan yang didukung tidak akan dapat memenuhi syarat untuk pekerjaan yang ada atau mungkin memiliki bakat yang sangat unik. Dalam hal ini, pelatih kerja harus dapat bernegosiasi atau bekerja dengan pengusaha untuk menyesuaikan posisi. Pekerjaan yang disesuaikan dapat menguntungkan individu penyandang cacat dan bisnis. Spesialis ketenagakerjaan harus siap untuk mengidentifikasi potensi manfaat ini ketika bekerja dengan komunitas bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *